Selasa, 03 April 2012

Pendidikan Kewarganegaraan


1.    Untuk menbangun suatu tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadaan, sesuai yang diamanat kan oleh mata kuliah ini maka sikap warga Negara harus memiliki karakter atau jiwa yang demokratis, antara lain :
A.    Rasa Hormat dan Tanggung Jawab
Adalah dimana kita sebagai manusia harus saling menghormati kepada sesam manusia ciptaan Tuhan, dengan kata lain kita hormat kepada orang yang lebih tua dari kita, hormat kepada agama lain, perbedaan status dan masih banyak lainnya. Di era globalisasi ini banyak orang  yang sudah melupakan hal ini, mereka menganggap hal ini adalah hal sepele, jika rasa hormat itu tidak diterapkan maka aka nada timbulnya perpecahan di antara kita.
Contoh : Menghormati orang yang lebih tua dari kita
Tanggung Jawab
Adalah dimana kita harus mengakui apa yang kita lakukan atau kesalahan yang telah kita lakukan kepada orang lain. Tanggung jawab sendiri harus kita pakai dalam kehidupan sehari hari  agar terciptanya kehidupan yang tentram. Jika tanggung jawab itu dilakukan sehari – hari maka kita akan selalu dipandang orang tidak sebelah mata karena kita berani nerbuat harus berani bertanggung jawab.
Contoh : Mengakui kesalahan yang telah diperbuat
B.     Bersikap Kritis
Adalah dimana kita harus ditutuntut menjadi orang yang mempunyai rasa peduli terhadap sesama tidak memandang suku, budaya, agama, dan kasta. Kita sebagai umat beragama sudah diajarakan dengan tidak berbuat jahat dan harus menolong sesama. Di jaman sekarang ini orang sudah melupakannya, mereka sudah mementingkan diri sendiri atau kelompok masing masing.
Contoh : Menjadi relawan korban bencana.
C.   Membuka Diskusi dan Dialog
Adalah dimana proses komunikasi antara 2 atau lebih, dalam melakuakan diskusi kita banyak mendapatkan manfaat seperti ide ide baru atau masukan yang positif. Dalam berdiskusi, kita harus memperhatikan etika berbicara kita supaya bisa mencapai apa yang kita bicarakan.
Contoh : Berdiskusi mengerjakan tugas kelompok.



D.   Bersifat Terbuka
Adalah dimana kita harus terbuka terhadap orang. Kita juga mendengarkan keluhan, cerita, masalah orang lain dan bila bisa kita harus membantunya.
Contoh : Mendengarkan, membantu masalah yang telah dihadapi orang lain

E.    Rasional
Rasional diambil dari kata bahasa inggris rational yang mempunyai definisi yaitu dapat diterima oleh akal dan pikiran dapat ditalar sesuai dengan kemampuan otak. Rasional adalah suatu yang prosesnya bisa dimengerti.
Contoh : Bertindak adil tidak pandang buluh
F.    Jujur
Jujur dalam arti sempit adalah berbicara apa adanya dan tidak mengada ada. Dan dalam pengertian yang lebih umum adalah sesuainya lahir dan batin.
Contoh : mengakui kesalahan.



  1. Pengertian Visi dan Misi
Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perubahan, tujuan - tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.
Misi adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.

Misi dari Pendidikan Kewarganegaraan dalam menghadapi era globalisasi.
Misi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya, agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air da;lam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab dan bermoral.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar