Minggu, 07 Oktober 2012

perilaku konsumen


Perilaku Konsumen Dalam mempengaruhi Keberhasilan Penjualan Suatu Produk Barang atau Jasa


Perilaku konsumen sangat mempengaruhi keberhasilan suatu penjualan produk barang/jasa yang di berikan seseorang karena merupakan tindakan–tindakan yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengkonsumsi, dan membuang suatu produk atau jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan – tindakan tersebut dengan tujuan untuk memuaskan dan memenuhi kebutuhan pribadi.
Beberapa perilaku konsumen dalam melakukan pembelian dikelompokkan menjadi empat berdasarkan tingkat keterlibatan pembeli dan tingkat keterlibatan diferensiasi merek.Ke empat perilaku konsumen tersebut iya lah:
1.       Pengalokasian Budget
yang di maksud ialah dimana konsumen mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk menggunakan uang nya untuk memperoleh barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan pribadi atau menyimpan uang nya.
2.       Membeli atau tidak
maksud nya ialah konsumen dapat memilih apakah berkenaan dengan tiap kategori produk atau jasa itu sendiri.
3.       Tempat untuk memperoleh barang atau jasa
konsumen dapat memilih tempat atau di mana konsumen dapat melaksanakan pembelian produk atau jasa tersebut.
4.       Kepuasan terhadap merk atau gaya
konsumen dapat memutuskan sendiri dengan terperinci dan detail mengenai produk apa yang sebenarnya diinginkan.
Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen,diantara nya ialah
1.       Demografis, psikografis, dan kepribadian
Demografis berhubungan dengan ukuran, struktur, dan pendistribusian populasi, Psikografis memberikan pengukuran secara kuantitatif maupun kualitatif. Bila demografis menjelaskan siapa yang membeli suatu produk, psikografis menekankan pada penjelasan mengapa produk tersebut dibeli lalu mengenai kepribadian dalam bidang pemasaran memiliki arti sebagai respon yang konsisten terhadap pengaruh lingkungan.
2.       Motivasi
Motivasi mengenai perilaku konsumen mewakili dorongan untuk memuaskan kebutuhan baik yang bersifat fisiologis maupun psikologis melalui pembelian dan penggunaan suatu produk.
3.       Pengetahuan yang di miliki konsumen
Pengetahuan konsumen dapat diartikan sebagai himpunan dari jumlah total atas informasi yang dimemori yang relevan dengan pembelian produk dan penggunaan produk.
4.       kepercayaan, dan perasaan konsumen
kepercayaan dibentuk dari pengetahuan,jika seseorang pelajari mengenai suatu produk mendorong timbulnya kepercayaan tertentu mengenai produk tersebut. Perasaan adalah suatu keadaan yang memiliki pengaruh .Perasaan dapat bersifat positif maupun negatif tergantung kepada setiap individu.perasaan juga memiliki pengaruh terhadap penentuan sikap seorang konsumen terhadap barang atau jasa tersebut.
Contoh perilaku konsumen yang mempengaruhi penjualan

Jika di lihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi  perilaku dan beberapa perilaku konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang di ingin kan kita dapat mengambil beberapa contoh yang terjadi di pasar Indonesia ini
Contoh:
Mayoritas konsumen mie instan di Indonesia puas dengan indomie(salah satu merk mie instan) bisa kita lihat dengan seksama dan tanpa kita sadari kita pun sering kali jika ingin membeli mie instan di warung atau pun minimarket menyebut mie instan dengan nama merk indomie padahal belum tentu yang inginkan ialah indomie begitu dengan penjual di warung kaki lima atau toko kelontong di saat kita ingin membeli indomie belum tentu yang di berikan bukan lah indomie melainkan merk lain.Ini lah salah satu dimana manajemen pemasaran dari indomie dapat merebut hati dan pola fikir konsumen di Indonesia dan masyarakat(konsumen) di Indonesia pun puas akan merk dari mie instan indomie tersebut.

Begitu pun dengan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Contoh:
Demografis
jika konsumen berada daerah dingin pasti sangat menyukai minuman hangat untuk menghangatkan tubuh.Namun,jika konsumen berada di daerah yang memiliki cuaca atau suhu panas belum tentu bahkan dapat di katakan bahwa konsumen akan mencari minuman dingin untuk menyejukan tubuh bukan minuman hangat yang mereka cari.
faktor lingkungan alam pun sangat mempengaruhi dalam pendistribusian suatu produk atau pun jasa serta dapat mempengaruhi pola perilaku konsumen tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar